AllDaerahEkonomi & BisnisNasionalNewsWilayah

Ketua PWM DKI: Warisi Jurus Para Pendekar Muhammadiyah

Kramat 49 – Pimpinan Wilayah Muhamamdiyah DKI Jakarta memperingati hari Kesaktian Pancasila, Jum’at, 1 Oktober 2021, secara on–line dan off– line. Online orasi para pakar dan offline apel siaga AMM (Angkatan Muda Muhammadiyah) yang bergabung dalam Tapak Suci Putra Muhammadiyah (TS) dan KOKAM (Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah – lahir Oktober 1965) di Perguruan Muhammadiyah PCM Kramat Jati, Jakarta Timur.

Tujuan acara ini ialah untuk menumbuhkan kesadaran wasathiyyah , dan upaya membentengi peranan Panca Sila sebagai dasar Negara atau ideologi bangsa.

Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) DKI, KH Sun’an Miskan. Lc mengalami prolog dan epilog melawan drama petualangan G30S/PKI merasa bangga karena AMM (Angkatan Muda Muhammadiyah) bangkit mewarisi jurus–jurus para pendekar Muhammadiyah dalam melawan drama petualangan G30S/PKI dan antek anteknya.

Pimpinan Wilayah Muhammadiyah ( PWM ) DKI mengucapkan terima kasih atas kesediaannya untuk menyampaikan orasi kepada yth.:

  1. Bapak Kombes Wahyu Setiawan , Polda Metro Jaya.
  2. Bapak Kol.Infantri Uyat,S.I.P Aster Kasdam Jaya.
  3. Bapak Rizal Fadlillah,S.H.
  4. Prof.Dr.Agus Suradika

PWM DKI melaksanakan kegiatan ini adalah untuk melaksanakan firman Allah SWT QS Al Anfal 60 agar kita senantiasa bersiap diri untuk menyiapkan kekuatan guna melawan musuh Allah SWT dan musuh kaum muslimin :

وَأَعِدُّوا لَهُمْ مَا اسْتَطَعْتُمْ مِنْ قُوَّةٍ وَمِنْ رِبَاطِ الْخَيْلِ تُرْهِبُونَ بِهِ عَدُوَّ اللَّهِ وَعَدُوَّكُمْ وَآخَرِينَ مِنْ دُونِهِمْ لَا تَعْلَمُونَهُمُ اللَّهُ يَعْلَمُهُمْ ۚ وَمَا تُنْفِقُوا مِنْ شَيْءٍ فِي سَبِيلِ اللَّهِ يُوَفَّ إِلَيْكُمْ وَأَنْتُمْ لَا تُظْلَمُونَ ﴿ ٦٠﴾

[8:60] Dan siapkanlah untuk menghadapi mereka kekuatan apa saja yang kamu sanggupi dan dari kuda–kuda yang ditambat untuk berperang (yang dengan persiapan itu) kamu menggentarkan musuh Allah dan musuhmu dan orang orang selain mereka yang kamu tidak mengetahuinya; sedang Allah mengetahuinya. Apa saja yang kamu nafkahkan pada jalan Allah niscaya akan dibalasi dengan cukup kepadamu dan kamu tidak akan dianiaya (dirugikan)

Adapun apel siaga AMM( Angkatan Muda Muhammadiyah ) di Perguruan Muhammadiyah PCM Kramat Jati jln Dewi Sartika Cawang – Jaktim bukan untuk menyombongkan diri, tetapi semata ihlas mengungkapkan rasa syukur … tahadust bin ni’mat … begitu ungkapan Allah dalam QS Ad Dhuha terakhir. Yaitu bersyukur atas perlindungan Allah Rabbul ‘Alamin yang menyelamatkan RI dari kupdetat PKI tanggal 30 September 1965.

وَأَمَّا بِنِعْمَةِ رَبِّكَ فَحَدِّثْ ﴿ ١١﴾

[93:11] Dan terhadap nikmat Tuhanmu, maka hendaklah kamu siarkan.

Kita siarkan, jelaskan, beberkan tentang awal ( prolog ) drama petualangan G30S/PKI saat mereka mau kupdetat dan pelaksanaannya yang gagal . Kita jelaskan epilog ( pasca ), kegagalan kupdetat mereka di luar akal sehat dan pesan pesan apa yang bisa kita ambil sebagai pelajaran.

Saat Prolog itu mereka kuasai media masa, baik cetak (surat kabar ) maupun radio. Mereka sebar ajaran NASAKOM ( Nasionalis Agama dan Komunis ) sebagai perasan dan gabungan dari ideologi Panca Sila. Mereka Tuhankan ajaran ini, dengan nyanyian dan yel yel. ” NASAKOM bersatu singkirkan kepala batu “.

Ajaran NASAKOM ini bagi mereka yang mengerti, ilmu Manthiq (logika), filsafat apalagi agama maka ajaran ini sangat sesat dan menyesatkan. Dalam ilmu Mantiq antara agama (bertuhan ) dengan komunis ( anti tuhan ) maka perbedaan ini adalah tanaaqud ( paradoksal ) mustahil dapat disatukan.

Secara filsafat komunis yang atheis itu adalah hasil rumusan Karl Marx tentang Materialisme Historis dengan asas kontradiksi, konflik dan pertentangan kelas. saat ia duduk di kursi salah satu perpustaakan di London –Inggris. Yang oleh ilmuwan di sana di suruh membiarkan kursi itu jangan di otak atik untuk saksi sejarah bahwa filsafatnya itu tidak sampai seumur jagung akan ditolak orang.

Menurut Karl Marx dan konconya bahwa yang ada di dunia ini hanya materi ( pisik ) , lewat manusia berproduksi untuk kebutuhan perutnya alias soal ekonomi saja. Tidak ada itu alam metapisika ( ruh ).Penciptaan sejarah itu ialah perubahan oleh massa rakyat yang lapar untuk mendapatkan makanan yang sama rata sama rasa.Wujudlah Sovyet Raya yang di pimpin oleh Diktator Partai Komunis yang memiliki negara, kekayaannya, rakyatnya dan yang menjatah pangannya lewat kupon. Betul tidak sampai seumur jagung bubarlah Sovyet Raya karena Negara, penguasa, partai yang anti swasta dan kemandirian rakyat itu tidak mampu mencukupi kebutuhan roti ratusan juta seluruh rakyat Sovyet Raya. Anggaran Belanja Negara juga habis untuk membeli persenjataan guna menghadapi kapitalis Amerika dan konconya.

Tuhan itu rekaan manusia. Agama itu cantu karena sebagai alat kaum borjuis untuk menina bobokkan rakyat miskin. Kata Karl Marx Tuhan itu semula direkakan politisme (banyak), kemudian berubah menjadi 3 (tiga/ trinitas – Tuhan Ibu, Bapak & Anak), kemudian berubah menjadi, 2 (dualitas yaitu Tuhan Ormus dan Ahriman ) dan makin modern berubah menjadi 1(satu), monoteisme ( Tuhan Yang Maha Esa Allah SWT) , maka di abad paling modern nanti Tuhan itu 0 (kosong). tidak ada tuhan … alias ateis.

Pada hal realita sosial sebaliknya dunia makin modern. Ilmu makin canggih justru agama dan Tuhan sangat dibutuhkan manusia. Kasus terakhir tatkala ilmu modern tidak mampu melawan wabah virus Corona–19 dan jutaan manusia menjadi korbannya semua pihak minta waspada terhadapnya dan diminta semuanya berdoa kepada Allah SWT agar segera dihilangkan wabah ini.

Dari kajian agama Islam dengan sumbernya wahyu maka ajaran NASAKOM yang mencampuradukan antara yang hak (iman kepada Allah Rabbul ‘Alamin) dan yang bathil (ateis, anti Tuhan, komunis ) adalah dilarang, sebagaimana firman–Nya QS Al Baqoroh 42 :

وَلَا تَلْبِسُوا الْحَقَّ بِالْبَاطِلِ وَتَكْتُمُوا الْحَقَّ وَأَنْتُمْ تَعْلَمُونَ ﴿ ٤٢﴾

[2:42] Dan janganlah kamu campur adukkan yang hak dengan yang bathil dan janganlah kamu sembunyikan yang hak itu, sedang kamu mengetahui.

Karl Marx ( 1818 – 1883 ) lahir di Trier Jerman berdarah Yahudi. Kakeknya Robbi di Belanda.Ia susun taktik strategi agar bangsa Yahudi tidak terganggu bangsa lain disusunlah faham komunis dengan asas kontradiksi, konflik dan pertentangan kelas. Berbagai suku bangsa konflik dengan ajaran komunisme, maka Yahudi jadi aman. Tetapi Allah Al Khalik membuat sekenario lain, justru saat Hitler berkuasa di Jerman ( 1933–1945) dan menjarah kemana–mana kaum Yahudi dibantai sebanyak 6(enam) juta orang di seluruh Eropa. Adolf Hitler menganggap ia penyebab krisis di Jerman, parasit negara. Mereka tukang riba, rentenir, ia monopoli ekonomi .

Masih saat prolog … petualangan G30S PKI ini dilaksanakan, mereka mengadakan kolaborasi antara militer yang pro PKI dan kekuatan NASAKOM dari markasnya di Lobang Buaya Halim dan dikomandani pasukan Cakrabirawa.Mereka menculik jendral jendral yang anti PKI. Mereka berhasil dan dimasukkan di Lobang Buaya. Namun berkat kekuasaan dan pertolongan ghaib dari ALLah SWT, atau tepatnya sekenario Allah SWT , ada satu orang jendral yang lolos dari penculikan mereka yaitu Jendral Abdul Harist Nasution. Ia target utama G30S PKI karena beliau Mengko Hankam/Kepala Angkatan Bersenjata yang paling anti PKI dan bisa langsung berhubungan dengan Presiden Sukarno sebagai atasannya. Dari persembunyiannya, ia kemudian datang ke KOSTRAD atas permintaan komandannya yaitu Suharto.

Sebagai Mengko Hankam/Kepala Angkatan bersenjata kemudian Jendral AH Nasution memerintahkan kepada Suharto untuk mengambil alih Komando TNI AD. Jendral AH Nasution meminta kepada Panglima ALRI E. Martadinata untuk bergabung dan menyusun serangan balik. Dengan di Komandani RPKAD maka serangan balik melawan petualangan G30S PKI yang bermarkas di Lubang Buaya Halim itu dilaksanakan dan mereka dapat ditumpas semua dalam waktu singkat. Jendral jendralnya dan elit biro PKI dan Ketuanya ada yang terbunuh, tertangkap dan diadili dihukum mati dan ada yang di penjara di Pulau Buru.

Maka sebagai epilog – nya, pelajaran berharga dari gagalnya petualangan mereka diadakanlah sidang umum MPRS 1966 yang menetapkan bahwa ajaran komunis dan partainya adalah terlarang. Ketetapan ini berlaku sampai hari ini.Kita juga yakin bahwa ALLAH SWT mempunyai sekenario sendiri untuk menyelamatkan hamba–Nya dari ancaman kaum ateis . Dalam mengukir sejarah dunia yang indah,kita tidak boleh dengan tata cara mempertentangkan antar kelas, antar suku bangsa. Tetapi lewat perubahan, tajdid, pembaharuan sesuai dengan garis garis–Nya. Di bidang ekonomi kita disuruh ba’i ( berbisnis sektor barang dan jasa ) dilarang riba dan monopoli tetapi ta’awun dan dalam pergaulan dunia kita saling mengenal dan tukar menukar kebudayaan untuk kemajuan.

Firman–Nya QS Ar Ra’du 11 :

لَهُ مُعَقِّبَاتٌ مِنْ بَيْنِ يَدَيْهِ وَمِنْ خَلْفِهِ يَحْفَظُونَهُ مِنْ أَمْرِ اللَّهِ ۗ إِنَّ اللَّهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتَّىٰ يُغَيِّرُوا مَا بِأَنْفُسِهِمْ ۗ وَإِذَا أَرَادَ اللَّهُ بِقَوْمٍ سُوءًا فَلَا مَرَدَّ لَهُ ۚ وَمَا لَهُمْ مِنْ دُونِهِ مِنْ وَالٍ ﴿ ١١﴾

[13:11] Bagi manusia ada malaikat–malaikat yang selalu mengikutinya bergiliran, di muka dan di belakangnya, mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak merubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap sesuatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya; dan sekali–kali tak ada pelindung bagi mereka selain Dia

Dan QS Al Hujuraat 13 :

يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِنَّا خَلَقْنَاكُمْ مِنْ ذَكَرٍ وَأُنْثَىٰ وَجَعَلْنَاكُمْ شُعُوبًا وَقَبَائِلَ لِتَعَارَفُوا ۚ إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللَّهِ أَتْقَاكُمْ ۚ إِنَّ اللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌ ﴿ ١٣﴾

[49:13] Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki–laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa–bangsa dan bersuku–suku supaya kamu saling kenal–mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling takwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.

Demikianlah orasi ini disampaikan semoga ada manfaatnya

Semoga kita yang punya nalar cerdas anugrah Nya dapat pelajaran….fa ‘itabiruu ya ulil albaab.

M.Sun’an Miskan, Ketua PWM DKI

Sumber SM

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Articles

Back to top button