AllNasionalNews

Mahasiswa Muhammadiyah Diharapkan Miliki Spirit Dakwah

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah, dr. Agus Taufiqurrahman, M.Kes, Sp.S menyampaikan harapannya kepada 5293 mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) untuk memiliki spirit dakwah seperti Muhammadiyah. Hal tersebut disampaikannya dalam acara Orientasi Studi Dasar (OSDI) bagi mahasiswa baru UMY pada Jum’at (17/9) secara daring melalui zoom meeting dan YouTube UMY. Pelaksanaan OSDI secara daring ini sudah kedua kalinya dilakukan oleh Lembaga Pengkajian dan Pengamalan Islam (LPPI) UMY dan akan digelar selama 2 hari hingga Sabtu (18/9) dengan mengangkat tema “Membangun Generasi Berkepribadian Qurani”.

“Muhammadiyah membawa spirit dakwah amar ma’ruf nahi munkar. Melalui UMY, Muhammadiyah berharap lulusan UMY bisa menerapkan spirit perjuangan tersebut dalam kehidupan bermasyarakat baik selama menempuh studi maupun setelah lulus dari UMY”, tutur Agus.

Menurut Agus, sebagai akademisi Islam, mahasiswa harus menjadi mahasiswa yang unggul, dan tetap harus dibarengi dengan pendidikan agama yang kuat. “Mahasiswa muslim yang unggul itu yang mampu menjaga moralitas, intelektualitas, juga menjadi agent of change tetapi hal itu harus dibarengi dengan pendidikan agama yang kuat,” ujarnya.

Muhammadiyah hadir sebagai gerakan Islam yang membawa purifikasi tauhid serta dinamisasi dalam penerapan ajaran Islam yang berpegang teguh kepada Al-Qur’an dan Al-Hadits. Agus juga mengingatkan kepada seluruh mahasiswa UMY agar selalu berpegang teguh pada keduanya dalam belajar maupun mengamalkan ilmunya. Di akhir paparannya ia berpesan kepada seluruh mahasiswa agar tidak lelah dalam menuntut ilmu. “Belajar atau menempuh pendidikan adalah bagian dari ibadah bagi seorang muslim, belajar di perguruan tinggi juga sebuah Rahmat dari Allah SWT karena tidak semua orang mendapat rahmat ini. Jadi bersungguh-sungguhlah, janganlah merasa lelah dan putus asa,” imbuhnya.

Sementara itu Rektor UMY, Dr. Ir. Gunawan Budiyanto, M.P., IPM berharap dengan adanya OSDI ini mahasiswa baru UMY mampu menjadi generasi qurani yang unggul dan Islami. “Ilmu yang kita punya adalah karunia dari Allah SWT untuk memahami Al-Qur’an dan Al-Hadits sebagai sumber hukum Islam serta pedoman hidup. Saya yakin mahasiswa UMY bisa menjadi generasi qurani di era modern. Dengan pengamalan yang benar, saya beraharap mahasiswa UMY menjadi mahasiswa yang unggul dan Islami, agamis serta berintelektualitas tinggi,” tegas Gunawan. (RM/Riz)

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Articles

Back to top button