3 Permintaan dalam Doa yang Dibaca Rasulullah SAW Kala Pagi

Kramat49 News —Terdapat sejumlah bacaan dzikir pagi yang dapat rutin untuk dibaca kaum Muslim. Salah satu bacaannya yakni memohon agar dapat diberikan ilmu, rezeki, dan diterimanya amalan seorang hamba. 

“Dzikir ini mengajarkan pada setiap Muslim untuk menentukan target yang hendak dicapainya setiap pagi. Sehingga hidupnya selalu terarah dan berada di atas rel yang benar,” kata Pengasuh pesantren Tunas Ilmu Purbalingga sekaligus dosen Sekolah Tinggi Dirasat Islamiyyah Imam Syafi’i Jember, Ustadz Abdullah Zaen Lc, MA dalam keterangan tertulisnya kepada Republika.co.id. Berikut bacaan doanya yang dibaca satu kali:

“اللَّهُمَّ ‌إِنِّي ‌أَسْأَلُكَ ‌عِلْمًا نَافِعًا، وَرِزْقًا طَيِّبًا، وَعَمَلًا مُتَقَبَّلًا”

Allahumma inni as’aluka ‘ilman nafi’an wa rizqan thayyiban wa ‘amalan mutabbalan

“Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang baik dan amalan yang diterima”. 

Dalil landasannya, Ummu Salamah RA bertutur, “Bahwasanya Rasulullah ﷺ rutin membaca doa di atas setiap selesai shalat Subuh.” HR Ahmad dan dinilai hasan Ibn Hajar Al Asqalaniy. Beberapa target-target itu di antaranya:

Pertama, ilmu yang bermanfaat

Setiap hari seorang Muslim harus berupaya mendapatkan tambahan ilmu. Namun bukan sembarang ilmu. Yang dicarinya adalah ilmu yang bermanfaat, yakni ilmu yang benar dan yang diamalkan. Sehingga semakin mendekatkan dirinya kepada Allah SWT. 

Ilmu ini ada tiga macam yaitu pertama, ilmu tentang Allah, nama-nama-Nya dan sifat-sifat-Nya, kedua Ilmu tentang jalan yang mendekatkan kepada Allah, yaitu syariat-Nya, ketiga, Ilmu tentang akhirat, surga dan neraka.   

sumber Republika

About Redaksi

Check Also

bendera muhammadiyah

Muhammadiyah : Serukan Salat Ghaib untuk Korban Konflik Israel-Palestina

KRAMAT49 JAKARTA – Serangan brutal Israel ke Gaza telah mengakibatkan kenaikan dramatis angka kematian di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *