AllDaerahNews

Dengan Mengenakan Batik Muhammadiyah, Gubernur DKI Jakarta Hadiri Peresmian Masjid At-Taqwa

KRAMAT49 NEWS, Jakarta – Sabtu (20/11) masih dalam nuansa Milad Muhammadiyah, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) DKI Jakarta dalam hal ini sebagai  bentuk syukur Milad Muhammadiyah ke-109, dan komitmen Muhammadiyah dalam memberi kebermanfaatan meresmikan Masjid At-Taqwa  dan Gedung Dakwah Muhammadiyah DKI Jakarta yang berlokasi di jalan tertua di kota Jakarta yaitu Jalan Kramat, Senen, Jakarta Pusat.

Peresmian dihadiri oleh H.M. Sun’an Miskan, Lc Ketua PWM DKI Jakarta, Prof, Dr. Haedar Nashir M.Si, Ketua PP Muhammadiyah, Prof. Dr. Abdul Mu’ti, M.Ed Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, H. Anies Rasyid Baswedan, Ph.D Gubernur DKI Jakarta, dan Irjen. Pol. Dr. Fadil Imran, M.Si selaku Kapolda Metro Jaya.

Dengan Mengenakan Batik Muhammadiyah, Gubernur DKI Jakarta Hadiri Peresmian Masjid At-Taqwa
Dengan Mengenakan Batik Muhammadiyah, Gubernur DKI Jakarta Hadiri Peresmian Masjid At-Taqwa 2

Sun’an Miskan pada sambutanya meminta kepada Prof. Haedar Nashir Ketua PP Muhammadiyah dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk berkenan menandatangani prasasti sebagai bentuk diresmikannya masjid dan gedung tersebut. Sun’an menceritakan perihal 10 tahun yang lalu setelah peletakan batu pertama, pada periode PWM DKI Jakarta tahun 2010-2015 dan kemudian berlanjut sampai periode saat ini.

Terdapat balai pertemuan yang diberi nama Ir H. Djuanda seorang Pahlawan Nasional yang terkenal dengan Deklarasi Djuanda. Sun’an menyampaikan bahwa diberinya nama tersebut sebab ingin mengenang semangat juangnya. “Pada tahun 1933 setelah Djuanda menamatkan pendidikan tinggi, ia mendapat dua pilihan yaitu menjadi dosen atau menjadi seorang guru, dan beliau memilih menjadi kepala sekolah SMA Muhammadiyah Kramat Jakarta. Hal itu dipilihnya sebagai bentuk menjaga rasa nasionalismenya serta panggilan hati dan kewajiban beliau, yang pada saat itu menjadi ketua PWM Tasikmalaya,” jelas Sun’an

Senada dengan Sun’an yang memberi nama bangunan Djuanda yang serat dengan sejarah. Anies Baswedan menuturkan dalam sambutannya bahwa bangunan tersebut berlokasi di daerah yang bersejarah, karena menurutnya Jalan Kramat ini adalah bagian paling tua di Jakarta. “Mulai dari Cawang sampai Senen itu merupakan garis perdagangan di Jakarta pada masa lalu,” ujar Anies.

Dengan Mengenakan Batik Muhammadiyah, Gubernur DKI Jakarta Hadiri Peresmian Masjid At-Taqwa
Dengan Mengenakan Batik Muhammadiyah, Gubernur DKI Jakarta Hadiri Peresmian Masjid At-Taqwa 3

Kami harap dengan adanya bangunan baru ini, maka bukan saja gedung yang baru, Insyaallah idenya, gagasannya, serta terobosannya makin banyak yang baru dari tempat ini, dengan begitu Muhammadiyah terus menerus bisa menggaungkan pembaharuan, kemajuan,” jelas Anies

Ia juga berharap agar kolaborasi antara Pemerintahan Jakarta dengan PWM DKI Jakarta terus terjalin dan berjalan dengan baik. “Beberapa hal yang akan dikerjakan antara DKI dengan PW Muhammadiyah, serta dari PP Muhammadiyah akan kita laksanakan, khususnya terkait pemenuhan kebutuhan pangan, dan Muhammadiyah memiliki jejaring yang luas terkait itu,” tutup Anies. (guf)

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Articles

Back to top button