AllDaerah

Segera Hadir Perguruan Tinggi Muhammadiyah di Pangandaran

KRAMAT49 NEWS, PANGANDARAN – Pemerintah kabupaten Pangandaran melalui Bupati Pangandaran, Jeje Wiradinata, menghibahkan lahan seluas 10 hektar untuk pendirian perguruan tinggi Muhammadiyah. Lahan yang berlokasi di Desa Sidamulih Kecamatan Sidamulih ini berstatus hibah atau hak guna pakai. Di lahan ini kelak akan berdiri Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Muhammadiyah Pangandaran.

Hal ini disampaikan Muhlis, yang bertindak sebagai Ketua Pendirian ITB Muhammadiyah Pangandaran. Pernyataan ini disampaikan dalam Rapat Pimpinan Wilayah dan Resepsi Milad Muhammadiyah Tingkat Jawa Barat yang diselenggarakan 7-8 Desember 2021 di Pangandaran

Muhlis menambahkan, pendirian ITB Muhammadiyah Pangandaran saat ini sedang dalam proses pendaftaran melalui aplikasi dari kementerian pendidikan. Saat disinggung kenapa tidak mendirikan Universitas, Muhlis menjelaskan, bahwa saat ini pendirian Universitas sedang dimoratorium. Sebagai langkah awal didirikanlah ITB Muhammadiyah Pangandaran. ITB Muhammadiyah Pangandaran akan membuka program studi bisnis digital, kewirausahaan, teknik informatika dan sistem informatika.

Sementara itu, Bupati Pangandaran, Jeje Wiradinata mengharapkan dengan berdirinya ITB Muhammadiyah Pangandaran akan meningkatkan kualitas sumberdaya manusia di Pangandaran. Terlebih dengan program studi yang dibuka sesuai dengan perkembangan zaman dan dibutuhkan oleh warga masyarakat Pangandaran.

“Dengan kondisi geografis laut dan pegunungan, ITB Muhammadiyah Pangandaran membantu masyarakat Pangandaran meningkatkan taraf hidupnya dengan memasarkan hasil bumi dan laut lebih luas,” Ujar Jeje.

Ketua umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir, berharap dengan berdirinya ITB Muhammadiyah Pangandaran akan semakin meningkatkan gerakan dakwah Muhammadiyah di Jawa Barat. Dengan berdirinya ITB Muhammadiyah Pangandaran menggenapkan sebanyak 20 perguruan tinggi Muhammadiyah telah berdiri di Jawa Barat. Dengan jumlah ini meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Jawa Barat.

“Pendirian ITB Muhammadiyah Pangandaran sejalan dengan misi pencerahan peradaban dan pola pikir berkemajuan yang ditanamkan pendiri Muhammadiyah KH Ahmad Dahlan seabad yang lalu.” Tegas Haedar.

Pendirian ITB Muhammadiyah Pangandaran mendapat dukungan positif dari tokoh Pangandaran, Susi Pudjiastuti. Dalam pertemuan antara Susi dengan PP Muhammadiyah, PW Muhammadiyah Jawa Barat, Panitia Pendirian, PD Muhammadiyah Pangandaran di kediamannya di Pangandaran, Susi akan membantu sebisanya dalam pendirian perguruan tinggi Muhammadiyah ini.

Keluarga Susi Pudjiastuti merupakan salah satu keluarga yang mewakafkan tanahnya untuk gerakan dakwah Muhammadiyah di Pangandaran. Ayah Susi Pudjiastuti, H. Ahmad Karlan, merupakan simpatisan Muhammadiyah yang telah banyak membantu gerakan dakwah Muhammadiyah di Pangandaran. (rel)

sumber SM

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Articles

Back to top button