All

Masjid Sebagai Wadah Membangun Peradaban

KRAMAT49 NEWS, SLEMAN – Masjid sejatinya harus menjadi tempat yang mampu membangun peradaban. Maka, Masjid sepatutnya menjadi pusat belajar ilmu dan kehidupan.

Hal tersebut disampaikan Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir pada Peresmian Masjid Nurul Asfar Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Minggir, Sleman, Kamis (6/1).

“Islam itu maju menjadi peradaban yang seluruh dunia mengakuinya satu di antaranya karena ilmu. Islam itu sumber ilmu bahkan wahyu pertama itu berkaitan dengan ilmu, maka jadikan masjid itu untuk menimba ilmu, misal pengajian. Pengajian yang untuk memperdalam ilmu dan menyejukkan hati kita,” kata Haedar.

Haedar juga menyinggung umat muslim yang menebarkan ilmu dan mencerahkan masyarakat dengan baik maka akan diterima oleh masyarakat lainnya dengan baik pula.

“Saya yakin kalau kita menebarkan ilmu yang mencerahkan tadi masyarakat itu akan menerima ilmu dengan baik. Sebaliknya kalau orang-orang Islam tertinggal maka kita akan menjadi bangsa yang tidak berkeadaban tinggi,”  tegasnya.

Melalui Masjid, Haedar mengimbau umat muslim untuk membaiki amaliahnya. “Apakah kita sudah baik dengan tetangga, masyarakat yang lebih luas? Biarpun berbeda agama tampilkan bahwa Islam itu rahmat semesta alam. Kalau tulus dari hati akan diterima dengan hati. Jangan ada motif memberi dengan niat-niat lain serahkan pada Allah,” imbaunya.

Kebaikan itu, menurut Haedar, bila dikerjakan dengan tulus maka akan membawa kebaikan bagi seluruh umat. Sebagai kaum muslimin yang baik kepada siapa saja justru akan memperoleh empati dan simpati dari kalangan manapun termasuk yang berbeda agama.

“Percayalah bahwa Allah Maha tahu terhadap amalan-amalan kita. Jadi jangan pernah lelah beramal soleh sekali kita keluarkan Allah akan berikan rizki kepada kita,” ajaknya.

Peresmian ini dihadiri oleh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) DI Yogyakarta, Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo, Wakil DPRD Sleman,  masyarakat sekitar dan tamu undangan lainnya.

Pada kunjungan peresmian ini, Haedar juga berkesempatan melakukan peletakkan baru pertama pembangunan Masjid Nurullah Klepu Pimpinan Ranting Muhammadiyah Klepu.

sumber Muhammadiyah

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Articles

Back to top button