AllEkonomi & BisnisNasional

UMKT Siapkan SDM Unggul Songsong IKN Nusantara

KRAMAT49 NEWS, JAKARTA,  – Persyarikatan Muhammadiyah terus menyiapkan sumber daya manusia di Kalimantan Timur yang unggul dalam menyongsong Ibu Kota Negara Nusantara. Kiprah Muhammadiyah selama ini dalam berbagai bidang memberikan kontribusi dalam peningkatan mutu dan kualitas pendidikan masyarakat.

Wakil Ketua Umum Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Kalimantan Timur Mariman Darto berharap warga asli Kalimantan Timur dapat mengikuti perubahan yang terjadi akibat adanya pemindahan ibu kota.

“Lahirnya Universitas Muhammadiyah Kaltim (UMKT) menambah energi baru penyelenggaraan pendidikan terbaik di Kaltim, ini menjadi sangat penting. Bahkan dari sisi pengembangan dosen Muhammadiyah saat ini ada yang melanjutkan pendidikan di dalam dan luar negeri. Kami menyongsong IKN dengan sangat siap,” ungkap Mariman Darto dalam keterangannya, Ahad (30/1/2022).

UMKT merupakan universitas Muhammadiyah yang berdiri tahun 2017 merupakan Universitas Swasta terbaik se-Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara versi Kemendikbudristekditi. Saat ini UMK memiliki lebih dari 7500 mahasiswa.

Berbagai prestasi membanggakan telah ditorehkan oleh UMKT seperti menyumbang 5 medali emas di Asian Games 2018, menyelenggarakan Double Degree Manajemen dan IT dengan Kyungdong University, Korea Selatan dan Summer Program di Asia University, Taiwan.

Selain perguruan tinggi, untuk pendidikan dasar, menengah dan atas juga terus ditingkatkan, bahkan, Muhammadiyah membangun pesantren guna membangun karakter dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang tangguh dan mampu menghadapi tantangan ke depannya.

“Untuk kesehatan, pengembangan rumah sakit sudah mulai kami lakukan di beberapa tempat. Dan Muhammadiyah sudah menyiapkan dua perusahaan, untuk mengantisipasi perubahan,” ujar Mariman Darto.

Hal itu, kata dia sebab masuknya perusahaan besar lainnya di Kaltim juga perlu diantisipasi. Dia mengatakan ada dua PT bergerak infrastruktur disiapkan Muhammadiyah.

“Namun, tetap yang utama adalah membangun kesadaran masyarakat untuk siap dengan adanya IKN,” ucap Mariman.

Sementara, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) memastikan Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, menjadi tempat pengukuhan pengurus baru PBNU Masa Khidmat 2022-2027.

Selain itu, PBNU juga akan membangun kantor, rumah sakit, kampus dan pesantren di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Mariman Darto, kutip Antara, menyambut baik penyelenggaraan pengukuhan pengurus baru PBNU di Kalimantan Timur. Hal itu kata dia sekaligus menjadi bukti Kalimantan Timur sebagai episentrum bagi Indonesia dan dunia setelah adanya keputusan pemindahan ibu kota ke Penajam Paser Utara.

“Pengukuhan pengurus baru PBNU ini menambah kuat keyakinan kami, bahwa Kalimantan Timur laik jadi episentrum bagi Indonesia dan dunia,” katanya.

Dia menilai, pemilihan Balikpapan sebagai lokasi pengukuhan pengurus adalah upaya PBNU mendukung rencana pemerintah memindahkan ibu kota negara.

Sehingga, menurut dia hal itu menjadi momentum bagi semua pihak untuk bersinergi untuk memastikan kesiapan pendidikan, kesehatan, sosial dan masyarakat. (antara/rpd)

sumber SM

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Articles

Check Also
Close
Back to top button