AllInternasional

Penguatan Gerakan, Baitul Arqam Internasional Muhammadiyah Diikuti 35 Negara

KRAMAT49 NEWS, YOGYAKARTA – Baitul Arqam Penguatan Ideologi Gerakan dan Internasionalisasi Dakwah – Pemikiran Muhammadiyah ini merupakan kerjasama Universitas Muhammadiyah Yogyakarta melalui tim pengabdian dosen yang diketuai Dekan Fakultas Hukum UMY Iwan Satriawan dengan mitra Muhammadiyah Deutschland e.V.  (PCIM Jerman) dan PCIM Hongaria. Peserta dalam Baitul Arqam ini adalah representasi PCIM seluruh negara (PCIM se-dunia), ada sekitar peserta 35 negara bergabung sebagai peserta aktif dalam kegiatan ini dengan jumlah 130 peserta.

Penyelenggaraan kegiatan ini di latarbelakangi pentingnya keberadaan Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) merupakan tombak dakwah internasionalisasi dakwah dan pemikiran Muhammadiyah pada lingkup internasional (diberbagai negara). Keberadaan PCIM bertujuan untuk memperluas jaringan dan jangkauan Muhammadiyah di berbagai belahan dunia.

PCIM adalah penguatan kaderisasi dan dakwah di luar negeri dari kader Muhammadiyah yang berstatus pelajar dan professional untuk menterjemahkan gerakan Islam berkemajuan ditengah masyarakat internasional. PCIM harus mengemban niat persyarikatan Muhammadiyah dalam menerjemahkan gerakan Islam Berkemajuan di ranah internasional, terutama formulasi nilai-nilai kebajikan yang sangat baik dan potensial dalam rangka menjawab segala tantangan internasional.

Agenda ini bertujuan untuk membangun jaringan dan kolaborasi internasional/ PCIM se-dunia, memupuk dan memelihara semangat kader PCIM seluruh dunia dalam mengemban dakwah gerakan dan internasionalisasi dakwah dan pemikiran Muhammadiyah.

Baitul Arqam dengan tema penguatan ideologi gerakan dan internasionalisasi pemikiran Muhammadiyah ini dilakukan agar adanya kesamaan visi, misi dan strategi, kolaborasi antara Pimpinan Pusat Muhammadiyah, PCIM Se-dunia serta sebagai langkah awal untuk menyelenggarakan Konferensi Internasional “Internasionalisasi Pemikiran Muhammadiyah“ menjelang Muktamar Muhammadiyah di Solo pada tahun ini.

Keynote Speech disampaikan oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof. Dr. Haedar Nashir, M.Si dengan pidato iftitah: Penguatan Ideologi Kader dalam menghadapi Internasionalisasi Gerakan Dakwah dan Pemikiran Muhammadiyah

Dr. Phil. Ahmad Norma Permata, M.A (Ketua LCPR dan Penasehat PCIM Jerman Raya) menyampaikan pandangan Peran Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah dalam upaya internasionalisasi dakwah dan pemikiran Muhammadiyah.

Penguatan Kelembagaan, Amal Usaha, dan Internasionalisasi Dakwah- Pemikiran Muhammadiyah dengan menghadirkan pembicara Ir. Hamim Jufri (Ketua PCIM Australia) yang akan mempresentasikan peran PCIM Australia dalam mengembangkan amal usaha Muhammadiyah, dan dr. Diah Nahdiyati (Wakil Ketua PCIM Jerman Raya) menyampaikan pengalaman Muhammadiyah Deutschland e.V. dalam memperkuat legalitas dan diakui sebagai organisasi resmi di Jerman.

Selain materi diatas dilakukan Focus Group Discussion mengenai Dinamika dan Strategi Internasionalisasi Dakwah dan Pemikiran Muhammadiyah dengan mengkaji strategi dan solusi atas persoalan persoalan berkaitan dengan (1) Strategi Penguatan Jaringan dan Kolaborasi PCIM se- Dunia; (2) Internasionalisasi Dakwah dan Pemikiran Muhammadiyah melalui Narasi Media Digital; (3) Optimalisasi dan Strategi Rekrutmen Kader PCIM; (4) Penguatan Persaudaraan Kader/ Pengurus dan keluarga Muhammadiyah di PCIM. (rpd)

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Articles

Back to top button