Tema Milad ‘Aisyiyah Mengingatkan Setiap Warga Negara Memiliki Hak yang Sama

Kramat49 – YOGYAKARTA — Milad ke-106 ‘Aisyiyah dengan tema ‘Kepemimpinan Perempuan Mencerahkan Peradaban Bangsa’ mendapat apresiasi dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Bintang Puspayoga.

Apresiasi tersebut disampaikan oleh Menteri Bintang pada, Jumat (19/5) dalam acara Resepsi Milad ke-106 ‘Aisyiyah di Amphitarium Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta. Melalui tema Milad dia berharap akan mengingatkan mandat konstitusi UUD ‘45.

Tema Milad ke-106 ‘Aisyiyah, sambung Menteri Bintang, mengingatkan bahwa setiap warga negara memiliki hak yang sama memiliki posisi setara, dengan tidak membedakan laki-laki dengan perempuan.

Di sisi lain, Menteri Bintang juga menyatakan supaya Risalah Perempuan Berkemajuan sebagai hasil dari Muktamar ke-48 ‘Aisyiyah dapat dijadikan rujukan dan pedoman bagi Kementerian PPPA dalam memajukan perempuan seantero nusantara.

Dirinya juga mengapresiasi peran ‘Aisyiyah dalam keterlibatan gerakan perempuan Indonesia, yaitu sebagai pelopor terselenggaranya Kongres Perempuan I pada 1928 di Yogyakarta. Kongres Perempuan I menjadi tonggak kebangkitan gerakan perempuan Indonesia.

“Namun nilai patriarki yang dalam masyarakat membuat keberadaan dan aktivitas pejuang dan tokoh perempuan, termasuk aktivitasnya dalam politik sering tidak tercatat atau bahkan tidak terangkat.” Ungkapnya.

Menteri Bintang tidak memungkiri peran ulama perempuan ‘Aisyiyah dan Indonesia secara umum yang melakukan pendampingan dan pemberdayaan. Mereka telah mengabdi dan berkarya untuk membuka jalan dengan saling sinergi untuk menjawab persoalan yang terjadi di masyarakat.

About Redaksi

Check Also

bendera muhammadiyah

Muhammadiyah : Serukan Salat Ghaib untuk Korban Konflik Israel-Palestina

KRAMAT49 JAKARTA – Serangan brutal Israel ke Gaza telah mengakibatkan kenaikan dramatis angka kematian di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *