AllKhazanah

Apa Benar Islam Tidak Memuliakan Perempuan?

Kramat 49 – Banyak kesalahpahaman pada beberapa pernyataan bahwa adanya ketidakadilan perempuan dalam Islam, meski pada kenyataanya posisi perempuan di dalam Islam sangat dimuliakan bahkan untuk kedudukan antara laki-laki dan perempuan disetarakan.

Stigma negatif yang diserahkan oleh budaya Barat terhadap ajaran Islam itu membuat pemikiran bahwa Islam tidak menghargai kedudukan perempuan, tidak adil dengan perempuan dan menjadikanya sebagai seorang yang kebebasannya ada di dalam penguasaan kaum laki-laki.

Padahal sejatinya Islam memuliakan perempuan dan menjaganya agar tetap terhormat. Allah SWT tidak membeda-bedakan antara laki-laki dan perempuan, seperti yang disebutkan di dalam Al- Qur’an bahwa “Wahai orang-orang yang beriman, baik laki-laki maupun perempuan,” sehingga tidaklah benar jika ada yang menyebutkan Islam tidak mengindahkan hak-hak perempuan.

Islam pun mengajarkan kepada seluruh pengikutnya untuk menghormati kaum perempuan termasuk Ibu, dan tidak boleh menistakannya seperti yang ada di dalam kitab Shahih Muslim pada konteks tertentu, perempuan justru memiliki posisi istimewa dalam Islam. Rasulullah SAW bersabda: “Al-jannatu tahta aqdamil-ummahati,”. Yang artinya: “Surga itu berada di bawah telapak kaki ibu,”.

Bahkan, di dalam Islam itu sendiri selain menjamin hak-hak perempuan, Islam pun menjaga kaum perempuan dari segala apapun yang dapat menodai kehormatannya, seperti merendahkan martabatnya dan juga menjatuhkan wibawanya. Islam telah menempatkan seorang perempuan sebagai makhluk yang mulia, mahal harganya dan harus dijaga.

Sebagaimana segala yang menjadi hak laki-laki, hal itu juga menjadi hak perempuan. Agamanya, kehormatannya, hartanya bahkan akal dan jiwanya terjamin dan dilindungi oleh syariat Islam  itu sendiri. Inilah bukti bahwa islam memuliakan wanita.

Dalam hal ini Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an pada Surah AN-Nahl Ayat 97 yang berbunyi:

مَنْ عَمِلَ صَالِحًا مِنْ ذَكَرٍ أَوْ أُنْثَىٰ وَهُوَ مُؤْمِنٌ فَلَنُحْيِيَنَّهُ حَيَاةً طَيِّبَةً وَلَنَجْزِيَنَّهُمْ أَجْرَهُمْ بِأَحْسَنِ مَا كَانُوا يَعْمَلُونَ ۖ

“Barangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan,”. (izh)

Sumber SM

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Articles

Back to top button