AllEkonomi & Bisnis

Alumni FISIP UMSU Luncurkan Buku Manajemen Media Kontemporer

KRAMAT49 NEWS, MEDAN – Muhammad Ikhwan, alumni Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UMSU menerbitkan karya ilmiahnya berupa buku dengan judul “Manajemen Media Kontemporer; Mengelola Media Cetak, Penyiaran, dan Digital”. Buku setebal 417 halaman dengan 18 Bab itu diterbitkan Penerbit Kencana, divisi dari Prenadamedia Grup dengan Cetakan ke-1 Februari 2022. Selain dijual bebas, Muhammad Ikhwan juga tak lupa berbagi ke almamater dan dosennya dengan mengirimkan beberapa buku tersebut ke FISIP UMSU.

“Terima kasih atas berbagi bukunya. Kita bangga alumni kita, alumni Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UMSU menerbitkan buku yang berkelas dengan penerbit nasional. Kita yakin buku ini akan mendapat tempat di kalangan dosen, jurnalis, dan mahasiswa Ilmu Komunikasi,” ujar WD 1 FISIP UMSU, Abrar Adhani ketika menerima kiriman buku tersebut, Senin (21/3).

Sebagai bagian dari apresiasi dan penghargaan terhadap hasil karya, Abrar Adhani menyampaikan, pihaknya juga sudah memesan dan membeli beberapa eksemplar buku tersebut. “Buku ini nantinya akan kita letakkan di Perpustakaan FISIP sehingga bisa dimanfaatkan mahasiswa,” tambah Abrar.

Buku yang disajikan dengan bahasa sederhana dan mudah dicerna memuat beberapa sub bahasan, seperti manajemen media, manajemen media cetak, manajemen media radio, manajemen dan perencanaan program televisi. Selain itu ada juga sub bahasan tentang media digital, konvergensi media, media sosial dan jurnalisme, hingga mengelola media di tengah pandemi Covid-19.

Penulis, Muhammad Ikhwan, sekarang bekerja di CNN Indonesia TV, Grup Trans Media. Sebelumnya Ikhwan pernah menjadi Produser sejumlah Program Berita di TRANS TV.

“Keinginan yang sudah sangat lama, akhirnya terwujud menerbitkan buku. Isinya tak jauh-jauh dari profesi yang saya geluti selama ini. Ini buku pertama hasil karya sendiri. Sebelumnya, tulisan saya hanya ada di chapter book, jurnal dan prosiding,” tulisnya di media sosialnya.

Ikhwan berharap bnuku pertama ini akan jadi pemicu untuk buku-buku berikutnya. Sebagai pekerja media, ia menghabiskan banyak waktu bekerja sebagai jurnalis. “Tapi di luar itu, saya menyempatkan waktu utk berbagi ilmu dan pengalaman kepada mahasiswa di beberapa kampus. Dan Buku ini adalah salah materi-materi yang selama ini saya bagi di kelas,” jelas Ikhwan. (Syaifulh)

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Articles

Back to top button