AllInternasionalNews

Sambut 41 Mahasiswa Asing dari 18 Negara, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Gelar Induction Day

Kramat 49 News – Menyambut 41 mahasiswa asing dari 18 negara, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengadakan Induction Day, Senin (5/10).

Disiarkan secara live melalui kanal YouTube dan Instagram UMY, Induction Day ditujukan sebagai masa orientasi mahasiswa dan mahasiswi asing UMY.

Membuka acara, Rektor UMY Gunawan Budiyanto mengatakan bahwa Induction Day tidak sebatas agenda pengenalan kampus tetapi juga merupakan agenda pengenalan budaya yang ada di Yogyakarta, dan Indonesia secara umum.

Lebih lanjut, Gunawan mengajak mahasiswa asing untuk maju dan berkembang bersama UMY. Gunawan lalu menuturkan bahwa UMY merupakan salah satu kampus terbaik di Indonesia dan termasuk dalam jajaran perguruan tinggi Islam terbaik nomor empat di dunia.

“Seiring dengan ini mari kita bersama-sama mengembangkan diri untuk menjadi pribadi unggul,” kata Gunawan.
Dalam acara yang dipusatkan di Ruang Sidang AR Fachruddin B tersebut, Gunawan tak lupa berpesan agar mahasiswa asing tetap bersemangat belajar walaupun pandemi masih berlangsung.

“Mahasiswa harus bersemangat menempuh studi, UMY akan memberikan pelayanan terbaik demi kenyamanan mahasiswa selama menempuh masa studi,” ujar Gunawan.

Seperti diketahui, tahun ini UMY menerima 41 mahasiswa asing dari 18 negara. Negara-negara tersebut adalah Yaman, Sudan, Mesir, Iraq, Palestina, Somalia, Algeria, Eritrea, Nigeria, Gambia, Pakistan, Maroko, Mali, Brunei Darussalam, Guinea Bissau, Bangladesh, Meksiko, dan Kenya.

Selama mereka menempuh studi di UMY, para mahasiswa asing mendapatkan beasiswa penuh yang mencakup biaya hidup dan biaya kebutuhan sehari-hari.

Karena itu, para mereka dihimbau agar tidak mengambil pekerjaan apapun selama menempuh masa studi di UMY. Sebab, visa yang mereka gunakan adalah visa pendidikan dan tidak boleh digunakan untuk bekerja.
Turut menyambut 41 mahasiswa asing baru tersebut, mahasiswa asing asal Bangladesh, Abdul Jahid yang telah lama menempuh studi di UMY ikut berpesan bahwa UMY memiliki lingkungan yang sangat kondusif bagi pelajar asing.

“Jika kalian nanti sudah datang di Yogyakarta, kalian akan merasakan hangatnya orang-orang di sini, mereka sangat ramah, baik dan murah senyum,” tuturnya.

Sumber Muhammadiyahorid

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Articles

Back to top button